Contoh Prosedur Proses Rekrutmen

Share:

contoh prosedur rekrutmen

Pengertian Rekrutmen

Sebelum anda melihat contoh prosedur ini, beberapa waktu yang lalu saya telah memposting tentang pengertian prosedur yang berisi tentang penjelasan prosedur, silakan dikunjungi untuk bisa lebih memahami pengertian dari prosedur. Dan sekarang, mari kita bahas salah satu prosedur penting yang ada di perusahaan yaitu prosedur rekrutmen.

Rekrutmen adalah proses perekrutan calon karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan. Perusahaan akan mencari calon karyawan dengan melibatkan berbagai pihak, diantaranya adalah universitas, sekolah, agen penyedia calon karyawan, ataupun dengan cara mengiklankan lowongannya di media internet.

Dalam proses perekrutan, masing-masing perusahaan memiliki cara  rekrutmen calon karyawannya dengan aneka ragam cara. Sehingga, proses rekrutmen karyawan di setiap perusahaan tidak bisa disamakan antara perusahaan satu dengan lainnya. Misalnya, ada perusahaan yang proses rekrutmen nya hanya interview dengan Personalia saja, ada yang cukup dengan test tertulis dan sedikit wawancara, tetapi ada juga yang prosesnya melalui beberapa tahapan seleksi dengan tujuan memperoleh karyawan yang berkualitas.

OK, kita lanjut ke pembuatan prosedur rekrutmen yang umum digunakan pada beberapa perusahaan di Indonesia. Prosedur yang saya buat ini cukup sederhana, tidak bertele – tele, dibuat dengan tujuan untuk memberikan prosedur yang bisa dipahami semua pengunjung.


Software Aplikasi Pembuatan Prosedur

Berikut, software aplikasi windows yang bisa digunakan untuk pembuatan prosedur.
1.    Microsoft Office Word ( All Version )
2.    Microsoft Office Excel ( All Version )
3.    Adobe PDF ( converting dokumen dari office )

Contoh prosedur ini saya buat dengan menggunakan Microsoft office word agar mudah pada saat menyusun tulisan , identifikasi di setiap bagian dan mudah untuk membuat  flow chart. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft office word nya.

Halaman Cara Membuat Prosedur Rekrutmen

1. Membuat judul Prosedur pada bagian header.

Judul prosedur dibuat pada bagian header halaman prosedur. Dalam microsoft word, anda buka menu Insert -- > Header untuk membuat desain header. Dengan menambahkan tabel, silakan anda edit tabel yang sudah di insert-kan, lalu buat format seperti terlihat pada gambar dibawah, isi logo perusahaan anda, nama perusahaan, judul prosedur serta identifikasi pembuat prosedur, nomor dokumen, nomor revisi, departemen, tanggal berlaku.  Tujuan judul prosedur ini adalah untuk mempermudah identifikasi jenis prosedur.




2. Buat Kolom identifikasi Revisi Dokumen.

Tujuan pembuatan kolom ini adalah untuk mengidentifikasi revisi ketika terjadi perubahan pada dokumen, contohnya adalah ketika terjadi perubahan alur proses prosedur rekrutment, atau terjadi perubahan di referensi dokumen, atau perubahan lainnya, berikut gambarnya:







3.Persetujuan prosedur

Persetujuan prosedur ini ditujukan untuk menandatangani prosedur oleh beberapa pihak yang dianggap memiliki peran dalam penyusunan dan persetujuan prosedur. Biasanya, prosedur ini ditandatangani sampai level Direktur, minimal General Manager.

persetujuan prosedur
Kolom Persetujuan Dokumen


4.Kolom distribusi dokumen

Kolom ini merupakan kolom tandatangan untuk proses distribusi dokumen kepada departemen terkait yang berhak untuk menerima distribusi prosedur dokumen ini.

distribusi dokumen
Kolom Bukti Tandatangan Distribusi Prosedur


5.Kolom Penjelasan Pertama Prosedur

Kolom ini berisi mengenai :
  • Tujuan Prosedur
  • Jelaskan mengenai apa tujuan inti dibuat prosedur rekrutmen ini, serta alasan mengapa prosedur ini harus ada. Proses rekrutmen ditujukan untuk mencari calon karyawan yang berkualitas, memiliki pengalaman kerja sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan, tingkat pendidikan yang sesuai serta skill yang memadai
  • Ruang Lingkup
  • Ruang Lingkup adalah penjelasan mengenai lingkup prosedur ini hanya khusus untuk rekrutmen saja.
  • Definisi
  • Definisi ini menjelaskan tentang arti dari istilah yang digunakan pada prosedur, agar bisa dipahami oleh pembaca. Contoh definisi di prosedur ini adalah arti kata dari "interview, rekrutmen, agen.
  • Referensi
  • Referensi artinya adalah acuan, yang mana prosedur ini mengacu ke persyaratan ISO 9001:2015, clausul 7.1.2 dan 7.2. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa klausul ini adalah persyaratan "People" serta "Competence"
  • Dokumen Terkait
  • Dokumen terkait adalah, dokumen yang digunakan untuk pelaksanaan proses rekrutment.


penjelasan prosedur


6.Flowchart dan Rincian Prosedur

Disinilah penjelasan mengenai proses rekrutmen dari awal sampai akhir. Rincian ini menggambarkan bagaimana proses rekrutmen di perusahaan tersebut terjadi.  Mulai dari pengajuan calon karyawan dari department terkait, cek dokumen pengajuan, request calon karyawan ke perusahaan jasa penyedia tenaga kerja, interview calon karyawan, training sampai dengan diserahkan ke department yang mengajukan karyawan.

flowchart rincian prosedur


7.Lampiran

Lampiran ini berisi mengenai format , record ataupun dokumen lain sejenis yang digunakan saat implementasi prosedur rekrutment. Seluruh format yang ada di list lampiran, harus dilampirkan sebagai pelengkap dokumen.

lampiran prosedur


Setelah selesai, konversi prosedur yang sudah anda  buat ke format pdf file agar tidak mudah untuk diedit oleh orang lain.

Ok, demikian sekilas mengenai Proses Rekrutmen yang dituangkan dari Standard Operational Procedur Rekrutmen, semoga bisa tercerahkan para sobat pembaca.

Jika anda berminat contoh prosedur ini, silahkan download disini : Contoh Prosedur Rekrutmen.



  • Kembali keatas
  • No comments